Beranda » Eksternal News » Apindo Minta Pemerintah Tolak Tuntutan Buruh

Apindo Minta Pemerintah Tolak Tuntutan Buruh

Start here

apindo-580x333Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) angkat bicara perihal aksi unjuk rasa yang dilakukan para buruh yang menuntut besaran upah minimum regional (UMR)/upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp3,7 juta per bulan. Menurut Apindo, pemerintah harus bertindak tegas untuk menolak tuntutan tersebut.

Demikian disampaikan Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi di Jakarta, Kamis (5/9). Menurut Sofjan, pengusaha dan buruh harus tunduk kepada ketentuan Dewan Pengupahan Nasional soal besarnya UMR/UMP yang sudah ditentukan yakni Rp2,2 juta per bulan. “Mau menuntut silakan, tapi kami tidak sanggup jika harus menaikkan upah lagi,” tegas Sofjan ketika dikonfirmasi.

Sofjan menambahkan bahwa saat ini sangat tidak mungkin para pelaku usaha kembali menaikkan upah buruh di tengah kondisi perekonomian dalam negeri yang sedang bergejolak. Menurutnya, para buruh yang terus menuntut itu sangat tidak mengerti masalah ekonomi saat ini.

Penaikan upah tersebut dinilai Sofjan sangat tidak mungkin dilakukan karena pemerintah baru saja menaikkan harga BBM ditambah kondisi nilai tukar rupiah yang sedang terus melemah. “Para buruh itu tidak pernah berpikir kalau tetap memaksakan tuntutan itu banyak perusahaan yang bangkrut. Kalau ini yang terjadi tentu akan terjadi pemutusan hubungan kerja dan yang belum bekerja tak akan mungkin mendapatkan pekerjaan. Jadi mau yang mana?” sambung Sofjan.

Sofjan mengatakan bahwa sah-sah saja para buruh terus melakukan aksi-aksi tuntutan penaikan upah. Yang terpenting ialah pemerintah tidak tunduk pada tuntutan buruh karena akan berbahaya untuk iklim usaha di Indonesia.

Seperti yang diketahui, ada tiga tuntutan buruh dalam aksi unjuk rasa hari ini. Pertama, penaikan upah minimum provinsi, kabupaten, dan kota sebesar 50 persen. Kedua, menolak dan mendesak dicabutnya Inpres Penetapan UMP. Ketiga, menuntut jaminan kesehatan.

Editor: Wisnu AS

Sumber :

Metrotvnews.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: