Beranda » Eksternal News » Bentuk Serikat Pekerja, 15 Buruh Dipecat

Bentuk Serikat Pekerja, 15 Buruh Dipecat

Start here

Tangerang, Kompas – Ratusan buruh PT Intan Pertiwi Industri, Batuceper, Kota Tangerang, Banten, berunjuk rasa, Selasa (15/5), sebagai bentuk solidaritas menyusul pemecatan dengan tidak hormat 15 pekerja.

Para buruh di perusahaan pembuatan kabel las tersebut menilai keputusan manajemen melanggar Undang-Undang Ketenagakerjaan.

”Masak kami dipecat sepihak oleh manajemen karena membentuk serikat pekerja,” kata Sukiswo, Ketua Serikat Buruh Nasional PT Intan Pertiwi Industri, Selasa (15/5).

”Kalau mereka memecat kami seperti ini berarti perusahaan telah melanggar undang-undang,” lanjut Sukiswo.

Unjuk rasa dilakukan di perusahaan sejak pagi hingga lewat tengah hari. Pihak manajemen perusahaan tidak mau menerima para pengunjuk rasa
tersebut.

Pengunjuk rasa berjanji akan melakukan aksi lebih besar lagi jika dalam sepekan perusahaan tak mau membatalkan keputusannya dan mempekerjakan kembali 15 pekerja yang dipecat itu.

Manajemen pun tidak mau menerima wartawan untuk melakukan konfirmasi. Petugas keamanan melarang wartawan bertemu dengan perwakilan manajemen.

Sembilan tahun kontrak

Sukiswo menjelaskan, dua bulan lalu dia bersama sejumlah rekannya membentuk serikat buruh nasional.

”Serikat pekerja ini dibuat karena serikat pekerja bentukan perusahaan lebih berpihak dan menjadi corong manajemen. Kepentingan buruh tak dibela dan malah hak kami dikebiri,” katanya.

Dicontohkan soal mekanisme pengangkatan karyawan yang tidak jelas. Ada buruh yang sudah bekerja sembilan tahun, tetapi masih berstatus sebagai pekerja kontrak. Dari total 250 pekerja, sebanyak 120 orang karyawan tetap, 80 orang karyawan kontrak, dan 50 orang buruh harian lepas.
(PIN)

Source :
http://buruh.org/bentuk-serikat-buruh-15-buruh-dipecat-kompas-com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: