Beranda » Eksternal News » Gaji Pekerja Naik 3,04 Persen

Gaji Pekerja Naik 3,04 Persen

Start here

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Doan Pardede

TRIBUNNEWS.COM SAMARINDA, – Kesepakatan antara serikat pekerja dan asosiasi pengusaha terkait penentuan kenaikan gaji akhirnya menemui titik temu. Pertemuan ketiga yang dilangsungkan di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda di Jl Basuki Rahmat, Jumat (11/5/2012) siang menghasilkan kesepakatan bahwa upah pekrja sekotro perkayuan naik sebesar 3,04 persen dari Upah Minimum Kota (UMK) Samarinda Rp 1,250,000 menjadi sebesar Rp 1,288,000. Kenaikan itu terhitung sejak 1 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2012.

Petemuan ketiga yang dihadiri Asosiasi Panel Kayu Indonesia (Apkindo), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kahutindo, dan perwakilan serikat pekerja ini berlangsung cukup alot, dimana terdapat sampai 3 kali break.

Untuk memberikan waktu, baik bagi pengusahan maupun pekerja untuk berunding di internal mereka. Dalam pertemuan, pengusaha sendiri empat kali memberikan opsi kenaikan yaitu 2,4 persen, 2,7 persen dan 3,0 persen, dan alhirnya menjadi disetujui 3.04 persen, berlaku mulai dari1 Januari 2012 sampai 31 Desember 2012.

Sementara itu, hingga break kedua, serikat buruh tetap bertahan di angka 5 persen kenaikan dan berlaku mulai Mei 2012. Dan pada break ketiga dengan tawaran kenaikan 3 persen dari asosiasi pengusaha, serikat pekerja tetap bertahan diangka 5 persen, namun mengurangi bulan berlaku menjadi Juni hinga Desember 2012 (7 bulan dari sebelumnya 8 bulan).

“Kita harus melihat kondisi perkayuan yang sebenarnya saat ini. Sektor perkayuan semakin menurun dari tahun ketahun. Bapak Wakil Walikota, Nursyirwan juga sudah mengamanatkan bahwa penentuan upah ini harus disesuaikan dengan kemampuan pengusaha. Maka itulah kemampuan kita, menaikkan 3 persen. Pekerja juga jangan berpatokan pada 5 persen. Itu tergantung kesepakatan” kata Taufan dari Apkindo.

Penyataan ini langsung dibalas oleh serikat pekerja melalui ketuanya Sukarjo. Sukarjo menyatakan bahwa kenapa pekerja tetap kukuh dengan kenaikan 5 persen karena tidak ingin melanggar aturan yang dibuat pemerintah. Akhirnya, barulah kesepakatkan terjadi setelah asosiasi pengusaha berkordinasi dengan anggotanya dan didapat besaran 3,04 persen.

Source : http://www.tribunnews.com/2012/05/11/gaji-pekerja-naik-304-persen


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: