Beranda » Eksternal News » Serikat Pekerja Tak Memiliki Kesamaan Visi

Serikat Pekerja Tak Memiliki Kesamaan Visi

Start here

Bandung (ANTARA News) – Guru Besar Hubungan Industrial Universitas Padjadjaran, Soeganda Priyatna, menyatakan berbagai serikat pekerja yang ada sekarang ini tidak memiliki kesamaan visi untuk memperjuangkan kepentingan para pekerja.

Di Bandung, Selasa, dia mengatakan pimpinan berbagai serikat pekerja saat ini seharusnya memanfaatkan momentum peringatan Hari Buruh untuk menyusun konsep hubungan industrial yang baik demi kepentingan buruh pada masa depan.

“Tidak lantas 1 Mei itu mesti unjuk rasa untuk menunjukkan kekuatan. Seharusnya 1 Mei menjadi alat pemersatu semua serikat pekerja yang ada,” ujarnya.

Soeganda menilai keberadaan berbagai serikat pekerja saat ini sudah terlanjur terkotak-kotak dan pada akhirnya merugikan perjuangan kaum buruh untuk mendapatkan hak-hak yang layak.

“Ini yang saya sesali, serikat pekerja dirasuki oleh kepentingan pribadi. Kalau kepentingan pribadi mulai merasuki kepentingan buruh maka organisasi serikat pekerja tidak akan beres,” tuturnya.

Soeganda yang pernah menjabat Ketua SPSI pada 1973-1983 itu mengatakan kelemahan perjuangan buruh saat ini terletak pada organisasi pekerja yang telah disusupi kepentingan pribadi maupun politis.

“Hari buruh 1 Mei kita gunakan untuk menyusun strategi, menyatupadukan kekuatan kaum buruh untuk kepentingan kaum buruh sendiri dan menentang menggunakan buruh untuk kepentingan politik segelintir orang,” katanya.

(D013)NB : Semoga dengan adanya postingan ini menjadi cermin introspeksi diri bagi seluruh organisasi serikat kerja untuk terus bisa menjadi lebih baik dan membangun solidaritas yang semakin tinggi.

source :
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: