Beranda » Eksternal News » Menakertrans Apresiasi Perayaan Mayday berlangsung aman dan tertib

Menakertrans Apresiasi Perayaan Mayday berlangsung aman dan tertib

Start here

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada pekerja/buruh, serikat pekerja/buruh dan pengusaha atas terlaksananya perayaan Hari Buruh Internasional (Mayday) tahun 2012 yang berlangsung dengan aman, tertib dan damai.

“ Atas nama Pemerintah, kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi perayaan Mayday tahun ini yang berjalan aman, tertib dan damai. Semoga ini menjadi momentum positif untuk memperkuat kerja sama semua pihak dalam membangun iklim ketenagakerjaan yang lebih kondusif, “kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di kantor Kemenakertrans, Jakarta pada Selasa (1/5).

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan berdasarkan laporan,tim pemantau Kemnakertrans dan dinas tenaga kerja tingkat Provinsi, Kab/kota di seluruh Indonesia, secara umum pelaksanaan Mayday di tingkat pusat maupun di daerah berjalan baik.

“ Meskipun terjadi demo dan aksi unjuk rasa di berbagai daerah, namun secara umum masih dalam batas kewajaran. Secara umum perayaan mayday tahun 2012 berlangsung aman, tertib dan damai, kata Muhaimin. Mengenai masih adanya beberapa permasalahan di bidang ketenagakerjaan di Indonesia, Muhaimin berharap semua pihak dapat duduk bersama dan berdialog untuk mencari solusi terbaik.

“Pemerintah tidak tinggal diam dalam menanggapi berbagai tuntutan pekerja/buruh, kita terus berupaya merealisasikan semua tuntutan, secara bertahap dan berkelanjutan baik dari segi perubahan regulasi maupun pengawasan pelaksanaanya, “kata Muhaimin.

“Mengenai masalah outsoursing, saat ini pemerintah tengah berupaya memperbaiki peraturan perundangannya, sehingga tidak lagi merugikan pekerja maupun pengusaha. “ kata Muhaimin.

Untuk mengantisipasi lebih lanjut dari pelaksanaan sistem outsourcing, lanjutnya, pemerintah menggunakan 2 cara, yakni menambah jumlah tenaga pengawas ketenagakerjaan dan membentuk Komite Pengawas Ketenagakerjaan Nasional. Penambahan tenaga pengawasan itu dilakukan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, sedangkan keberadaan komite akan membantu menteri terkait dalam mengatasi masalah outsourcing yang pelaksanaannya tidak sesuai dengan substansi.

“Dalam waktu dekat ini akan segera mengeluarkan Permenakertrans (Peraturan Menteri Tenaga dan Transmigrasi) yang mengatur secara detail mekanisme outsourcing sehingga bisa menjamin keselamatan, kesejahteraan dan masa depan para pekerja, kata Muhaimin.

Pusat Humas Kemnakertrans


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: